Mungkin ini yang Anda cari. Cara Mengganti Passowrd Wi-Fi IndiHome

Absen Daring Periode COVID-19

Ini adalah satu dari beberapa daftar hadir / absensi daring (online) masa COVID-19 yang saya buat. Saya mengambil jalan berbeda dari kebanyakan guru yang membuat daftar hadir dalam aplikasi WhatsApp, Google Form, Telegram, atau bahkan mungkin via Facebook. Meskipun jalan yang kami tempuh berbeda, tetapi esensinya sama.

Absen daring covid 19

Di sini siswa menyatakan kehadirannya dengan menulis nama dan kelas pada formulir komentar.

Yang hilang dari Daftar Hadir Online

Ada sesuatu yang hilang dari model mengabsen seperti ini. Salah satunya adalah tidak ada ritual memanggil siswa dengan melafalkan nama-nama mereka. Padahal ini salah satu kegiatan yang membantu guru mengingat nama dan wajah murid yang mereka ajar. Mengingat nama dan wajah murid merupakan hal yang penting. Bukan sesuatu yang elok jika sorang guru memanggilnya muridnya dengan nama 'anu'. Di samping itu, melakukan ritual ini di awal pembelajaran di kelas akan membangun ikatan antara guru dan murid.

Keabsenan online tidak menjamin 100% akurat. Seseorang bisa menyaru menjadi orang lain untuk menunjukkan kehadiran. Sulit memastikan apakah si A sendiri yang menulis nama dan kelas pada formulir komentar. Bisa saja orang lain, bukan?

Absen atau Daftar Hadir?

Yang benar adalah daftar hadir. Namun, kata 'absen' terlanjur digunakan secara salah untuk maksud tersebut. Arti kata 'absen' menurut KBBI adalah tidak masuk (sekolah, kerja, dan sebagainya); tidak hadir.

Posting Komentar

Komentar baru tidak diizinkan.