Beli Domain di Google Lagi, Mengapa?

Beli Domain di Google Lagi

Akhirnya beli domain di Google lagi setelah dua bulan sebelumnya domain ini (laluabdrahman.com) habis masa berlakunya. Saya menduga sudah ada yang membeli, ternyata tidak ada. Mungkin sedikit sekali orang yang memiliki nama yang sama dengan saya dan tertarik menggunakan nama tersebut.

Domain ini saya beli menggunakan kartu BNI Debit Online. Saya pernah membeli menggunakan kartu yang sama tetapi ditolak oleh Google. Mungkin sekarang sudah ada perjanjian bisnis baru antara BNI dengan Google atau mungkin BNI meningkatkan sistemnya sehingga kartu debit mereka dapat diterima oleh Google. Jika Anda tertarik membeli domain di Google silahkan baca artikelnya di SINI.

Keuntungan Beli Domain di Google

Kemudahan adalah menjadi faktor utama mengapa saya memutuskan untuk membeli di Google. Masuk ke akun Google dan pergi tautan ini https://domains.google.com/registrar/. Cari nama domain yang diinginkan kemudian bayar. Beres.

Fitur keamanan tersedia gratis, Anda tidak perlu membayar biaya tambahan untuk itu. Sertifikat SSL/TLS untuk domain Anda dapat langsung diaktifkan.

Aktifkan DNSSEC (Domain Name System Security Extensions) untuk melindungi domain Anda dari ancaman, seperti serangan cache poisoning DNS dan spoofing DNS.

Beberapa langkah tambahan diperlukan jika Anda ingin menghubungkan blogger atau WordPress dengan domain baru.

Apakah tersedia opsi transfer keluar? Ya, tentu saja.

Kerugian Membeli Domain di Google

Harganya lebih mahal dibandingkan dengan penjual lain. Sebagai gambaran, Google menjual sebuah domain dot com seharga 165 ribu. Setengah harga dapat Anda peroleh dari penjual di luar sana, dengan kata lain harganya lebih mahal dua kali lipat. Namun harga tersebut sebenarnya tidak terlalu mahal karena harga sudah termasuk sertifikat SSL. Biasanya sertifikat SSL dibeli secara terpisah.

harga domain di google

Catatan: Harga tercantum hanya untuk domain, jika Anda ingin situs Anda dibangun di atas platform WordPress dan CMS lainnya maka Anda harus membeli layanan web hosting. Harga sebuah hosting bergantung pada layanan yang disediakan. Setahun berlangganan bisa mencapai jutaan. Lebih murah juga ada, bergantung pada fitur yang tersedia. Jika Anda membangun situs yang akan banyak sekali menangani pekerjaan maka spesifikasi hos web harus di atas batas minimum.

Untuk Apa Membeli Domain?

Jawabnnya mengapa tidak? Domain tingkat atas (TLD, top level domain) lebih berharga dan profesional. Saya pribadi akan mendahulukan informasi dari situs berbayar, contoh httpas://www.laluabdrahman.com, dibandingkan dengan situs gratis seperti https://www.laluabdrahman.blogspot.com. Contoh situs gratisan lainnya adalah situs dengan akhiran laluabdrahman.wordpress.com, laluabdrahman.webbly.com, laluabdrahman.googlesite.com, dan selainnya.

Situs berbayar menunjukkan keseriusan pemiliknya, sedangkan situs gratisan mungkin hanya untuk coba-coba atau main-main. Tetapi tentu saja tidak selalu begitu. Banyak juga situs-situs gratis yang isinya dapat dipertanggungjawabkan, sebaliknya situs berbayar berisi hal-hal tidak baik seperti penipuan, judi, dll.

Sekian. Semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar jika Anda butuh bantuan untuk membuat situs.