Bergadang di bayar 1 juta, mau?

Bergadang memberi efek yang buruk sekali untuk saya. Itu bikin badan saya lemah dan tak nyaman. Sungguh bergadang membuat saya tersiksa. Padahal dulu tidak.

bergadang atau begadang adalah

Bergadang (bentuk tidak baku: begadang) memiliki arti berjaga atau tidak tidur pada malam hari. Ini hal biasa yang dilakukan oleh orang-orang. Mereka tidak tidur kecuali setelah lewat tengah malam (jam 12 ke atas). Ada yang begadang karena bekerja, tetapi tidak sedikit yang begadang hanya untuk melakukan hal yang tidak berguna, misalnya ngobrol, main game, main catur, dlsb.

Dulu saya masih bisa begadang sampai jam tiga pagi dan semuanya baik-baik saja. Artinya saya masih bisa bangun subuh. Tapi sekarang saya tidak mampu lagi seperti itu. Paling lambat jam 10 malam saya sudah harus tidur. Jika saya memaksa tidak tidur sampai jam 12 apalagi lebih dari itu, maka akan membuat saya tidak nyaman dua atau tiga hari berikutnya. Jadi efeknya untuk badan saya bukan hanya di pagi hari itu saja, tetapi dua, bahkan tiga berikutnya.

Keadaan ini menjadikan saya malas untuk mengikuti kegiatan malam hari. Saya benar-benar benci untuk bergadang.

Lebih baik saya tidur jam 8 atau jam sembilan lalu bangun jam 4 subuh, daripada tidur jam 12, bangun subuh, kemudian tidur lagi. Mungkin secara matematis itu tidak ada bedanya, tetapi bagi fisiologis tubuh saya bedanya jauh sekali. Tidur cepat dan bangun cepat jauh lebih nikmat daripada tidur lambat dan bangun lambat.

Jadi, mohon jangan ajak saya begadang 🙏

Tidak apa-apalah saya begadang semalam saja, asalkan saya dibayar 1 juta. Maksud saya, jika terpaksa harus begadang, Anda harus memberi asupan gizi super untuk tubuh saya karena ini akan membantu mengurangi efek buruk begadang. Contoh gizi super: segelas madu (bukan 1 sendok makan madu dalam segelas air) plus kurma, atau susu murni plus madu.

Catatan: Anda bisa mencari informasi ilmiah tentang efek begadang bagi tubuh manusia secara fisiologis.

Oleh: Lalu Abd. Rahman

Purnama tidak lagi indah seperti ketika saya kecil dulu. Kini kedatangannya sering membuat saya lemah dan sakit. Entahlah, apakah itu benar-benar berhubungan ataukah saya hanya mencocokkan saja.

Posting Komentar

Posting Komentar