Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Table of Content

Remedial

Remedi, perbaikan belajar untuk nilai Biologi yang tertunda atau terlangkaui atau terabaikan.
Remedial pembelajaran Biologi

Remedi, perbaikan belajar untuk nilai Biologi yang tertunda atau terlangkaui atau terabaikan.

Diperbarui Selasa, 19 Oktober 2022.

KD 3.1 N1 (Bab 1: Struktur Sel)

  1. Mengapa sel dikatakan sebagai satuan fungsional makhluk hidup? Jelaskan!
  2. Di dalam sel, ribosom ada yang terdapat bebas dalam sitoplasma dan ada juga yang melekat pada retikulum endoplasma. Apa fungsi masing-masing ribosom tersebut? Jelaskan!
  3. Seorang peneliti mengamati preparat sel otot pada manusia menggunakan mikroskop elektron. Pada sel tersebut ditemukan banyak sekali mitokondria. Mengapa mitokondria banyak terdapat di sel-sel otot. Jelaskan!
  4. Sekelompok peserta didik melakukan pengamatan terhadap mikroorganisme yang terdapat pada tinja manusia menggunakan mikroskop. Berdasarkan pengamatannya, peserta didik tersebut menyimpulkan bahwa mikroorganisme tersebut tidak memiliki membran inti. Selain itu, dalam pengamatannya tidak ditemukan membran dalam seperti retikulum endoplasma dan kompleks Golgi. Benarkah pendapat peserta didik tersebut? Jelaskan!

KD 3.1 N2 (Bab 1: Struktur Sel)

  1. Seorang peserta didik mengamati sel tumbuhan menggunakan mikroskop. Berdasarkan pengamatannya, peserta didik tersebut menjelaskan bahwa bagian yang terletak paling luar berfungsi untuk menjaga keseimbangan sel dari tekanan. Berdasarkan letak dan fungsinya, jelaskan zat-zat penyusun bagian sel tersebut.
  2. Yoga melakukan pengamatan sel menggunakan mikroskop. Dari hasil pengamatannya, Yoga menyimpulkan bahwa sel yang diamati merupakan sel tumbuhan. Menurut Anda, organel sel apa saja yang ditemukan Yoga sehingga dapat menarik kesimpulan bahwa sel yang dia amati adalah sel tumbuhan? Apa fungsi organel-organel tersebut? Jelaskan!
  3. Fery mengamati sel tumbuhan dan sel hewan menggunakan mikroskop. Dia mengamati dua organel pada sel hewan, tetapi dia tidak menemukan organel tersebut pada sel tumbuhan. Organel sel apakah yang diamati Fery tersebut? Apa fungsi kedua organel sel tersebut?
  4. Daun yang sudah tua akan berubah warna dari hijau menjadi kuning kecokelatan. Perubahan warna daun tersebut terjadi karena adanya pigmen fikosianin. Benarkah pernyataan tersebut? Jelaskan!

KD 4.1 (Bab 1: Struktur sel)

Menganalisis Struktur Sel Penyusun Tubuh Makhluk Hidup

Tubuh kita tersusun atas berjuta-juta sel. Demikian juga dengan sel tumbuhan dan sel hewan. Namun, ada juga organisme yang hanya tersusun atas satu sel. Organisme apakah itu? Sekarang, perhatikan gambar sel dari ketiga jenis organisme berikut.

sel

Jawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

  1. Apa yang dimaksud dengan sel eukariotik dan sel prokariotik? Apa perbedaan di antara kedua sel tersebut?
  2. Berdasarkan gambar tersebut, manakah yang menunjukkan struktur sel eukariotik dan sel prokariotik? Mengapa?
  3. Menurut Anda, organisme apa yang memiliki struktur sel seperti yang ditunjukkan gambar 1, 2, dan 3?

KD 3.2 N1 (Bab 1: Bioproses)

  1. Organel sel yang berfungsi menetralkan racun dan menyintesis lemak adalah . . . .
  2. Peroksisom berperan dalam pengubahan lemak menjadi karbohidrat dan penguraian purin dalam sel. Selain itu, peroksisom juga berfungsi menghasilkan H2O2 yang selanjutnya dipecah menjadi . . . dan . . . .
  3. Berdasarkan panjang gelombang (spektrum warna) yang diserap, klorofil dibedakan menjadi empat macam. Klorofil a menyerap spektrum warna . . ., klorofil b menyerap spektrum warna . . ., klorofil c menyerap spektrum warna . . ., serta klorofil d menyerap spektrum warna . . . .
  4. Pada musim kemarau, persediaan air tanah berkurang sehingga tumbuhan mengalami kelayuan. Ketika persediaan air tanah meningkat, tumbuhan akan segar kembali. Mekanisme ini sebenarnya merupakan fungsi dari organel sel tumbuhan, yaitu . . . dan . . . .

KD 3.2 N2 (Bab 1: Bioproses)

1. Perhatikan gambar salah satu tahap pembelahan sel di bawah!

Berdasarkan gambar tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

a. Pada tahap pembelahan apakah sel pada gambar di atas?

b. Sebutkan ciri-ciri sel pada tahap pembelahan sel tersebut!

2. Jihan dan Jini mengamati preparat sel akar bawang menggunakan mikroskop untuk melihat fase pembelahan selnya. Hasil pengamatan yang diperoleh tampak seperti pada gambar berikut.

Menurut Jihan, fase pembelahan yang sedang terjadi adalah metafase. Sementara menurut Jini, fase pembelahan yang sedang terjadi adalah anafase. Menurut Anda, pendapat siapakah yang benar? Jelaskan alasan Anda!

KD 4.2 (Bab 1: Struktur sel, Bioproses)

1. Fosfolipid merupakan salah satu lapisan membran plasma yang terdiri atas bagian ekor dan kepala. Bagian kepala bersifat hidrofobik, sedangkan bagian ekor bersifat hidrofilik. Benarkah pernyataan tersebut? Jelaskan!

2. Suatu organel berfungsi mengeluarkan enzim khusus untuk membantu menghancurkan organel yang rusak. Dengan demikian, organel tersebut berperan dalam mekanisme peremajaan sel. Organel apakah yang berperan dalam mekanisme tersebut? Jelaskan!

3. Sekelompok peserta didik melakukan percobaan untuk menyelidiki terjadinya transpor melalui membran. Mereka membuat rangkaian percobaan seperti gambar berikut.

percobaan transpor melalui membran

Setelah didiamkan selama lima jam, peristiwa apa yang akan terjadi? Jelaskan!

4. Jelaskan perbedaan antara pembelahan mitosis dan pembelahan meiosis!

KD 3.3 N1 (Bab 2: Jaringan Tumbuhan)

  1. Saat mengunjungi suatu danau, Vita melihat tanaman eceng gondok yang mengapung di permukaan air. Batang tanaman tersebut terlihat menggembung. Vita beranggapan bahwa pada bagian batang tanaman tersebut terdapat jaringan parenkim yang berfungsi menyimpan air sehingga menyebabkan tanaman eceng gondok dapat mengapung di permukaan air. Benarkah anggapan Vita tersebut? Jelaskan alasan Anda!
  2. Bagaimana perbedaan komponen penyusun jaringan floem pada tanaman melinjo dan jati? Jelaskan!
  3. Marina melakukan percobaan dengan menanam biji kacang hijau dalam sebuah pot. Marina melakukan pengukuran tinggi batang tanaman kacang hijau setiap hari. Setelah satu minggu, Marina mengukur tinggi batang tanaman tersebut dan menandainya dengan garis melintang menggunakan spidol. Hasil pengukuran menunjukkan tinggi batang tanaman tersebut 8 cm. Setelah lima belas hari, batang tanaman kacang hijau makin tinggi, tetapi tanda yang dibuat Marina tetap berada di ketinggian 8cm. Mengapa demikian? Jelaskan!
  4. Bagaimana mekanisme pengangkutan secara simplas dan apoplas? Jelaskan!

KD 3.3 N2 (Bab 2: Jaringan Tumbuhan)

  1. Jenis jaringan parenkim yang terdapat pada umbi lapis bawang merah adalah . . . , sedangkan jaringan parenkim yang terdapat pada batang tanaman genjer adalah . . . .
  2. Pada pertumbuhan sekunder, felogen akan tumbuh ke arah luar membentuk . . . dan tumbuh ke arah dalam membentuk . . . .
  3. Jefri melakukan percobaan dengan merendam batang tanaman pacar air dalam larutan yang telah diberi pewarna merah. Setelah beberapa jam, Jefri memotong batang tanaman tersebut secara melintang. Dari potongan tersebut, terlihat adanya bagian batang yang berwarna merah. Jaringan penyusun bagian batang tersebut adalah . . . .
  4. Pengadaptasian plantlet hasil kultur jaringan dengan lingkungan yang baru berlangsung pada tahap . . . .

KD 4.3 (Bab 2: Jaringan Tumbuhan)

  1. Saat mencangkok tanaman jeruk, Pak Harahap membersihkan bagian kulit luar hingga kambium pada batang tanaman tersebut. Apa tujuan Pak Harahap melakukan tindakan tersebut? Jelaskan!
  2. Batang tumbuhan sawo dapat mengalami penambahan ukuran diameter, sedangkan batang tumbuhan kelapa tidak dapat mengalami penambahan ukuran diameter. Benarkah pernyataan tersebut? Jelaskan jawaban Anda!
  3. Pada daun tanaman teratai, jumlah stomata di epidermis bagian bawah lebih banyak dibandingkan jumlah stomata di epidermis bagian atas. Benarkah pernyataan tersebut? Jelaskan!
  4. Eksplan yang ditumbuhkan dengan teknik kultur jaringan akan diinkubasi dalam ruangan khusus. Apakah pencahayaan dalam ruang inkubasi tersebut memerlukan jenis lampu tertentu Jelaskan!

KD 3.4 N1 (Bab 3: Jaringan Hewan)

  1. Jaringan apa saja yang menyusun organ kulit?
  2. Jelaskan karakteristik dan fungsi dari jaringan berikut!
    • Jaringan epitel berlapis
    • Jaringan saraf
    • Jaringan darah
    • Jaringan otot polos

KD 3.4 N2 (Bab 3: Jaringan Hewan)

  1. Apa saja nama bagian tubuh manusia yang dapat menghasilkan sel punca?
  2. Apa yang dimaksud dengan sel punca hematopoetik dan sel punca mesenkimal?
  3. Apakah kegunaan sel punca hematopoetik dan sel punca mesenkimal sama?
  4. Bagaimana cara memperoleh sel punca dewasa dari dalam tubuh manusia?

KD 4.4 (Bab 3: Jaringan Hewan)

Lengkapi keterngan gambar saraf berikut.

saraf

Lengkapi keterangan gambar saraf di atas.

KD 3.5 N1 (Bab 4: Sistem Gerak Manusia)

  1. Sendi mati dibedakan menjadi dua macam. Jelaskan perbedaan kedua jenis sendi mati beserta letak kedua jenis sendi tersebut!
  2. Bersepeda merupakan aktivitas yang melibatkan beberapa persendian. Mengayuh sepeda melibatkan sendi putar pada tulang gelang panggul dan tulang paha serta sendi engsel pada lutut. Benarkah pernyataan tersebut? Jelaskan!
  3. Sudah dua bulan Pak Gito menderita osteoporosis. Anaknya menyarankan agar Pak Gito mengurangi konsumsi makanan tinggi protein. Menurut Anda, tepatkah saran anak Pak Gito tersebut? Jelaskan alasan Anda!

KD 3.5 N2 (Bab 4: Sistem Gerak Manusia)

  1. Mengapa otot disebut sebagai alat gerak aktif? Jelaskan!
  2. Bakteri Clostridium botulinum mampu menghasilkan racun botulinum. Racun tersebut menyebabkan produksi asetilkolin terganggu. Oleh sebab itu, seseorang yang terpapar racun tersebut dapat mengalami gangguan otot. Benarkah pernyataan tersebut? Jelaskan alasan Anda!
  3. Gerak supinasi dan pronasi serta depresi dan elevasi ditimbulkan oleh adanya kerja sepasang otot yang saling berlawanan. Benarkah pernyataan tersebut? Jelaskan!
  4. Bagaimana pengaruh rangsang kimia terhadap kontraksi otot? Jelaskan!

KD 4.5 (Bab 4: Sistem Gerak Manusia)

  1. Jelaskan pembentukan tulang keras!
  2. Jelaskan mekanisme kontraksi otot!
  3. Tuliskan 5 ciri-ciri otot polos!
  4. Tuliskan 6 ciri otot jantung!

KD 3.6 N1

  1. Saat sedang bersepeda, Lisa terjatuh dan bagian sikunya berdarah. Bagaimana respons yang diberikan oleh darah untuk mengatasi peristiwa tersebut?
  2. Dalam tubuh, darah dapat berwarna merah gelap dan merah cerah. Mengapa bisa demikian?
  3. Hasil pemeriksaan darah pada orang yang tinggal di dataran rendah dan dataran tinggi menunjukkan bahwa jumlah eritrosit orang yang tinggal di dataran tinggi lebih banyak daripada orang yang tinggal di dataran rendah. Benarkah hasil pemeriksaan tersebut? Mengapa demikian?

KD 3.6 N2

  1. Mengapa ventrikel kiri mempunyai dinding yang lebih tebal dibandingkan bagian jantung lainnya?
  2. Saat menghitung denyut nadi, Kiki meraba pergelangan tangan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya. Pada bagian tersebut Kiki merasa ada denyutan, lalu Kiki menyimpulkan bahwa bagian yang berdenyut tersebut menunjukkan pembuluh arteri yang mempunyai dinding tebal dan elastis. Berdasarkan uraian tersebut, benarkah kesimpulan Kiki? 
  3. Apakah arteri selalu membawa darah yang mengandung banyak O2 dan vena selalu membawa darah yang mengandung banyak CO2? Jelaskan!
  4. Bagaimana mekanisme yang terjadi ketika ventrikel berkontraksi pada peredaran darah besar dan peredaran darah kecil?

KD 4.6

  1. Leukosit berperan dalam proses pertahanan tubuh terhadap patogen penyebab penyakit. Tidak hanya patogen yang terdapat di dalam pembuluh darah, tetapi juga yang berada di luar pembuluh darah. Bagaimana leukosit dapat menyerang patogen yang terdapat di luar pembuluh darah?
  2. Siska dan Danang memiliki berat badan yang sama, yaitu 70 kg. Pada saat melakukan penghitungan jumlah denyut jantung, bagaimana hasil penghitungan denyut jantung yang diperoleh? Jelaskan!
  3. Aorta dan vena kava merupakan pembuluh darah yang terdapat dalam tubuh . Kedua pembuluh darah tersebut mempunyai tekanan yang berbeda sesuai fungsinya. Aorta mempunyai tekanan lebih besar dibandingkan vena kava. Menurut Anda, benarkah pernyataan tersebut? Jelaskan jawaban Anda!
  4. Mengapa pada kasus transplantasi jantung sering terjadi penolakan oleh tubuh resipien? N1

KD 3.7

  1. Protein merupakan salah satu zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Bagaimana jika di dalam tubuh terjadi kelebihan protein? Apakah kelebihan zat gizi tersebut dapat disimpan di dalam tubuh? Jelaskan!
  2. Dalam saluran pencernaan, mineral dan vitamin tidak mengalami proses pencernaan. Mengapa demikian?
  3. Rio memiliki berat badan 54 kg dan tinggi badan 167 cm. Berdasarkan indeks massa tubuhnya, Rio digolongkan normal. Benarkah pernyataan tersebut? Jelaskan alasan Anda!

KD 3.7 N2

  1. Bagaimana proses penyerapan zat makanan yang terjadi di usus halus?
  2. Anton sering mengalami perut kembung. Anton beranggapan bahwa kondisi tersebut merupakan indikasi masuk angin. Benarkah anggapan Anton tersebut? Berikan alasan Anda!
  3. Berdasarkan konsep tekanan, Rian berpendapat bahwa makin luas permukaan suatu benda maka makin besar pula tekanan yang ditimbulkan. Jadi, gigi geraham akan memberikan tekanan yang paling besar terhadap makanan. Benarkah pendapat Rian tersebut? Jelaskan!

KD 4.7

  1. Tubuh membutuhkan asupan vitamin yang cukup untuk memperlancar proses metabolisme. Apa yang akan terjadi apabila kebutuhan vitamin dalam tubuh tidak tercukupi? Mengapa mengonsumsi vitamin A, D, E, dan K dengan dosis berlebihan tidak baik bagi kesehatan?
  2. Mengapa gigi disebut sebagai alat pencernaan mekanis?
  3. Apa yang akan terjadi apabila di dalam saluran empedu terbentuk batu empedu?

Selamat belajar!

Saya seorang guru, bapak, dan anak. Itu saja tentang saya.

Posting Komentar