Saya Tanya ChatGPT dan Dia Salah Menjawab, Bukan Hanya Sekali

ChatGPT Meminta Maaf Karena Salah

ChatGPT meminta maaf kepada saya, karena telah memberikan informasi yang salah (tidak sepenuhnya benar). Dia berkata,

Maaf atas ketidakjelasan sebelumnya. Saya harus menjelaskan bahwa pernyataan saya sebelumnya tidak sepenuhnya benar.

Itu adalah permintaan maaf ChatGPT kepada saya.

Bukan hanya sekali itu ChatGPT berbuat kesalahan. Di percakapan yang lain dia juga meminta maaf kepada saya atas kesalahan yang dilakukannya. Dia berkata,

Maaf, Anda benar. Terima kasih sudah menunjukkan kesalahan ini.

Itu adalah permintaan maaf ChatGPT kepada saya di waktu yang lain. Berikut tangkapan layarnya.

chatgpt menjawab salah

Saya berpikir, jika dia tahu itu salah, mengapa dia masih memberikan informasi tersebut kepada saya? Hmmm... ini membuat saya penasaran. Sepertinya saya harus lebih banyak melakukan eksplorasi untuk mengetahui mengapa itu bisa terjadi. Atau jika Anda tahu apa alasannya, silahkan beri tahu saya pada kolom komentar.

Pelajaran yang bisa diambil: Anda harus memiliki pengetahuan dasar ketika meminta jawaban kepada ChatGPT karena jawaban yang diberikan bisa bias atau bahkan salah. Oleh karena itu, Anda tidak boleh menerima begitu saja jawaban yang diberikan, cek lagi. Lakukan pemeriksaan silang untuk mengonfirmasi kesahihan jawaban.

Meskipun begitu, ChatGPT dapat diandalkan. Dia mampu memberikan jawaban dengan sangat cepat dan cukup lengkap; ini kelebihan utamanya.

Banyak hal yang bisa dilakukan ChatGPT untuk memudahkan pekerjaan manusia. Menulis artikel, membuat rumus excel, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sulit, dan masih banyak lagi. Sayangnya dia memiliki kesadaran akan kesalahannya samapai dia diberi tahu kalau informasi yang dia berikan salah.

Oleh: Lalu Abd. Rahman

Lahir selamat. Saya seorang pembelajar, pemeriksa fakta, penulis, editor, dan pengeblog.

Posting Komentar

Posting Komentar